Kelebihan dan kekurangan dalam ROOT

Rooting Android memang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan tweaking terhadap sistem operasi Android. Namun hasil akhir aktifitas rooting yang dilakukan tergantung pada kemampuan pengguna untuk mengkustomisasi sistem dimana hasilnya dapat berupa peningkatan kinerja atau bahkan malfungsi. Dan berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dari aktifitas rooting.

Kelebihan Rooting Android

  • Akses tak terbatas pada sistem operasi Android yang mana user dengan hak akses ‘root’ dapat dengan leluasa melakukan pengubahan apapun layaknya developer.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna maupun menambah aplikasi yang tidak disertakan oleh developer Android.
  • Pengendalian aplikasi lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau factory reset, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.
  • Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi sehingga pengguna yang memiliki kemampuan di bidang developing dapat membuat versi Android secara personal.
  • Kemampuan mengkustomisasi tema secara penuh, yang berarti bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan tema dapat diubah seperti warna indikator baterai, tampilan dialer atau daftar kontak, serta video yang diputar saat boot up perangkat Android.
  • Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Kekurangan Rooting Android 

  • Menghilangkan garansi produk perangkat Android.
  • Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat Android.
  • Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android.

Rooting pada sistem operasi Android memang diijinkan mengingat lisesnsi dari sistem operasi si robot hijau tersebut merupakan open source. Namun ada baiknya pikir-pikir terlebih dahulu sebelum melakukan proses rooting terutama perihal garansi yang dapat hilang / batal dikarenakan aktifitas rooting ini.

Advertisements

2 thoughts on “Kelebihan dan kekurangan dalam ROOT

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: